Rafting Cicatih 2013

Tanggal 14 September 2013 lalu instansi kami mengadakan Internal Corporate Value (ICV). Ini semecam pengenalan dan pendalaman tentang nilai – nilai yang selama ini menjadi acuan kinerja instansi kami. Tujuannya tentu saja agar setiap individu yang ada di instansi kembali diingatkan untuk selalu fokus pada goal yang sudah ditetapkan, dengan mengaplikasikan nilai-nilai tadi dalam pekerjaan.

Kegiatan ICV kali ini memilih tema Rafting dan outbound, sebagai sarana memperkuat teamwork. Lokasi yang dipilih adalah sekitar Sungai Cicatih Sukabumi. Rencana, seluruh pegawai akan dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok untuk mereka yang mempunyai nyali bermain rafting mengarungi sungai Cicatih, dan satu kelompok lagi untuk mereka yang tidak berani atau berhalangan bermain rafting. Seabgai gantinya,kelompok yang tidak bermain rafting diberikan game-game seru yang intinya menekankan pada kemampuan berinovasi dan menjalin teamwork yang kuat.

Rombongan berangkat darl kantor tanggal 14 September 2013, pagi jam 5 selesai sholat shubuh. Saya dan empat teman lainnya di hari sebelumnya (Jumat sore sepulang dari kerja) sudah berangkat duluan karena merasa agenda yang dibuat oleh kantor terlalu melelahkan. Setidaknya dengan berangkat duluan, kami berlima punya waktu istirahat yang lebih dan  bisa menjelajahi lokasi dengan lebih leluasa, apalagi salah satu dari kami adalah seorang photographer yang memang kerjaannya hunting objek – objek baru yang menarik. So,karena saya tidak ikut rombongan kantor, jadi yang saya tulis berikutnya adalah perjalanan kami berlima saja sampai kami bertemu rombongan kantor di esok harinya.

Kami berempat tiba di lokasipenginapan yang disediakan oleh pengelola rafting (Riam Jeram) jam 9 malam. Letak penginapan ini sendiri sekitar 4 kilo dari jalan besar. Kami harus memasuki jalanan berbatu dengan kontur perbukitan. Lumayan buat menghidupkan mata dari rasa kantuk. Disitu kami disediakan satu rumah panggung dua lantai yang mungkin muat untuk kapasitas 10 orang. Dan kami menggunakan satu lantai atas untuk tidur berlima. Namanya “temporary bujangan”, tentu saja kami berhaha hihi dulu sebelum akhirnya benar – benar tertidur jam 3 pagi dini hari.

cicatih1

Paginya, sambil menunggu rombongan kantor datang,kami habiskan waktu untuk sarapan pagi,mandi, dan keliling lokasi yang kebetulan cukup indah dengan panorama sungai, sawah, perbukitan, dan langit biru. Ingat penyebutan kalimat di atas, sarapan pagi kami sebutkan terlebih dahulu dari mandi karena bagi kami sarapan jelas lebih penting dari mandi. hahaha.

Okey, acara para lelaki bujangan selesai, saatnya bergabung dengan para rombongan kantor. Dari lokasi penginapan (yang juga sekaligus finish point) kami menyewa angkot seharga Rp. 60.000,00 menuju lokasi meeting point. Tidak menunggu lama, segera kami yang mengikuti rafting diangkut dengan beberapa angkutan kota menuju starting point. Sedangkan kelompok yang memilih ikut fun game, menunggu angkutan – angkutan kota itu kembali, untuk mengangkut mereka ke lokasi finish point, tempat dilaksanakannya fun game.

Jarak antara meeting point dengan starting point lumayan jauh dengan jalanan yang tidak begitu nyaman. Di starting point, seperti biasa, sebelum memulai kegiatan rafting para peserta diberikan beberapa pengarahan tentang bagaimana cara mendayung, mengemudikan perahu karet, menyelamatkan diri, dan sebagainya.

Sungai Cicatih saat itu dalam kondisi berdebit air di bawah standar. Saya sendiri sebelumnya pernah mencoba sungai ini beberapa tahun yang lalu, dengan debit yang lebih besar. Beberapa jeramnya masih sayan hafal sehingga tidak ada yang ‘mengejutkan’ atau hal yang baru dalam rafting kali ini. Malahan, perahu karet kami lebih sering nyangkut di batu. Tapi beruntung instrukturnya lumayan komunikatif, sehingga saya justry baayk mendapatkan tambahan pengetahuan tentang bagaimana strategi  atau cara menghadapi jeram- jeram yang berbeda type-nya.

cicatih 2

cicatih 3

cicatih 4

cicatih 5

cicatih 6

Sekitar 2,5 jam jarak dua belas kiloan kami tempuh. Sampai di finish point kami segera membilas badan dengan air bersih, dan berganti seragam ICV, kemudian bergabung bersama teman – teman yang tadi memilih mengikuti fun game, untuk makan siang, dan mengikuti sesi pemaparan nilai – nilai instansi. Mr Pee Wee, selaku CEO kantor kami memberikan paparan dengan cukup menarik karena memasukkan beberapa game dalam sesi materi.

cicatih 7

Pukul 15,30an acara selesai,rombongan dari kantor kembali diangkut menuju meeting point dengan angkutan kota. Sedangkan kami berlima setelah membereskan semua barang dan administrasi, segera pulang menyusul.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s