Sehari Bertemu Dua Orang Hebat

Satu orang luar biasa saya temui pagi ini, sekitar jam 08.05-an saat kami sekeluarga baru saja berangkat mengantarkan Ale ke tempat sunatan. Seorang nenek tua renta dengan badan kurus kering dan jalan membungkuk mendorong gerobak yang berisi barang-barang hasil memulungnya. Gerobaknya masih lumayan kosong saat itu. Tetapi kekaguman saya terhadap nenek itu jauh dari kosong. Bagaimana tidak kagum ? Disaat orang-orang seusianya yang ada di sisi makmur sedang enak menonton televisi atau bercengkrama dengan anak cucunya melewati waktu akhir minggu, dan orang-orang seusianya di sisi yang tidak beruntung sedang duduk bermalasan di trotoar jalan sambil menadahkan tangan, beliau masih dengan gigih mencari sendiri jalan rizkinya.

Satu orang hebat berikutnya saya temui saat kami pulang dari tempat sunatan dan sedang berhenti sebentar untuk membeli sebuah gift untuk teman Ale yang berulang tahun hari ini. Orang itu mulanya menabrak bagian belakang mobil saya, dan kemudian kembali menabrak spion mobil saya. Tentu saja saya tidak marah, karena beliau ini ternyata orang buta, dengan satu tangan memegang tongkat untuk menuntun arah, dan satu tangannya memegang kayu penuh dengan sejumlah kerupuk yang disungginya di atas kepala. Disaat teman-teman senasibnya dengan gampang meraih rupiah dari hasil berjalan dari satu toko ke toko yang lain dan dari rumah satu ke rumah yang lain sambil menjual iba, bapak satu ini justru memilih untuk lebih menghargai diri sendirinya dengan menjual kerupuk.

Dan lihat, dititik mana saya berdiri saat ini ? Seorang dengan kehidupan yang sangat alhamdulillah, tetapi masih saja tidak sabar saat menghadapi kemacetan di mobil ber-AC berkawankan musik jazz, masih menggerutu saat komputer di tempat bekerja lambat loadingnya, dan masih bermuka masam saat pelayan terlambat menghidangkan menu pesanannya.

Saya malu !

Ada yang senasib dengan saya ?

Mari saya ajak untuk malu secara berjamaah.

Leave a Reply

