SDA

Cina, adalah negara yang mempunyai sumber daya alam yang sangat besar, dan termasuk mampu dalam memanfaatkannya untuk mendorong perekonomian dan sedang menuju penyejahteraan penduduknya.

Singapura dan jepang, adalah contoh negara dengan Sumber Daya Alam yang sangat terbatas, tetapi mereka mampu menciptakan modal buatan dan modal tak berwujud yang besar, sehingga pertumbuhan ekonominya terselamatkan.

Indonesia, adalah contoh negara bersumber daya alam luar biasa besar, tetapi belum/tidak mampu mengubahnya menjadi kekuatan pendorong ekonomi guna mensejahterakan penduduknya. Bukan karena orang-orangnya “tidak mampu” lho ya, tetapi lebih karena orang-orangnya “tidak bijak”

Dan anda tahu Amerika, ? Mereka mempunya Sumber Daya Alam yang sangat besar, yang mereka simpan dan jaga tanpa ada permit untuk mengeksplorasinya (termasuk cadangan minyak yang luar biasa di wilayah Texas), dan mereka mendorong para pengusahanya untuk mengeksplorasi SDA-SDA di negara2 lain. Begitu tiba suatu masa bumi ini kehabisan SDA, Amerika akan berdiri pongah memamerkan SDAnya dan menawarkannya pada semua negara di dunia dengan harga yang mencekik.

 

Edan memang

One thought on “SDA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s