Positif !!

Seorang teman dari Sulawesi, awalnya hanya mengirimi sebuah mail kepada 3 orang rekannya (termasuk saya), dan kemudian berempat saling berinteraksi membicarakan tentang segala hal , termasuk tentang buku. Maklum, kami berempat, mulai tertarik untuk saling berinteraksi karena mempunyai kesamaan, sama – sama suka membaca dan menulis dan berkebun.

 

Milis kemudian berkembang pesat, masing – masing dari kami membawa satu demi satu teman yang lain masuk bergabung ke dalam milis, hingga anggotanya sampai belasan orang. Dan tahukah anda, teman yang memulai membuat milis itu kemudian menemukan jodohnya, teman sejatinya, pasangan hidupnya, di milis ini.

 

Sebuah hal positif kecil yang dilakukan oleh teman saya tadi telah dibawa oleh garis takdir, mengantarkannya ke hal positif yang besar : menemukan pasangan hidupnya !

 

Bu Muslimah, mungkin tidak pernah terpikir sedikitpun untuk berangan – angan muluk ingin mengubah dunia. Dia hanya menjalani kegiatan sehari – harinya untuk mengajar anak – anak kampung Gantong yang miskin – miskin itu, di sebuah pelosok daerah dan pulau tidak terkenal yang bernama Belitong. Sungguh hal yang kecil dan tidak dianggap. Tapi ingat, ini hal positif.

 

Garis takdir kemudian membawa energi positif bu Muslimah untuk menjadikan salah seorang muridnya, Andis, untuk menuliskan kisah masa kecilnya dan perjuangannya dalam sebuah buku yang  indah yang mampu mempesona negeri ini. Laskar Pelangi.

 

Buku itu melambungkan nama Andis, atau yang lebih dikenal sebagai Andrea Hirata. Efek berlanjut pada Mira  dan Riri yang kecipratan sukses karena mampu memfilmkan buku ini dengan baik. Penerbit buku dan pengusaha bioskop kebanjiran untung. Belum lagi terhitung sejumlah guru yang begitu terinspirasi oleh Bu Muslimah, sejumlah mahasiswa yang begitu malu dan membangunkannya dari kemalasan melihat kegigihan tokoh Lintang (yang diduga fiktif, hanya bentuk imajiner sosok pribadi lain dari Andis), wisata pulau Belitong menjadi menggeliat karena begitu antusiasnya para backpacker dan para pelancong memasukkan tempat ini dalam daftar tempat yang ingin dikunjungi. Dan ibu Muslimah sendiri, kemudian mendapatkan penghargaan langsung dari presiden atas dedikasinya pada dunia pendidikan.

 

Mengajar sejumlah anak – anak miskin dengan tulus, sebuah hal positif kecil, bisa menimpulkan efek yang luar biasa yang mungkin tidak pernah terbayangkan sedikitpun oleh pelakunya itu sendiri.

 

Teman, berbuat positif itu artinya membagikan sejumlah energi positif kita pada kehidupan. Efeknya saya andaikan seperti saat kita melempar sebuah kerikil di tengah kolam. Kerikil itu akan tenggelam dengan menciptakan sebuah kecipak dan gelombang yang berdiameter kecil. Tapi diameter itu terus dan terus berkembang menjadi gelombang yang berdiameter makin membesar dn mempunyai daya jangkau yang lebih jauh, bahkan bukantidak mungkin gelombang itu akan sampai ke pinggiran kolam.

 

Membagi energi positif itu seperti MLM. Saat kita melakukan hal positif kepada orang lain, orang itu akan melakukan hal sama pada orang yang lainnya, demikian seterusnya yang akhirnya akan memberikan efek yang paling besar pada kita sendiri.

 

Jadi, mari positifkan dirimu !!

(tidak berlaku buat istri saya, tolong jangan positif dulu, Dhiya masih terlalu kecil, dan Saya belum siap menjadi tersangka menghamili anak mertua untuk yang ke tiga kalinya !!)

One thought on “Positif !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s