Dec 14

Aku tidak merasa keberatan untuk menampung satu memori sejak SD tentang tanggal kelahiranmu ini. Jadi, kendati beberapa orang bilang aku ini pelupa ( dan sialnya, mereka benar ), aku tentu masih mengingat hari ini, 14 Desember, adalah hari tanggal kelahiranmu.

Hei sobat, ingatkan kita dulu bersama beberapa teman sekelas pergi ke Kota Magelang hanya untuk membelikan sebuah hadiah yang nantinya akan kita berikan pada teman yang akn berulang tahun di hari itu ? Hadiah itu kemudian akan dibungkus oleh Erji, atau Bayu, atau Dewi, atau siapun teman wanita kita yang bisa membungkusnya dengan rapi.

Setelah itu, kita akan datang pagi-pagi untuk menghiasi papan tulis dengan tulisan – tulisan indah ucapan selamat ulang tahun buat teman kita itu. Papan tulis kemudian kita balik, untuk menyembunyikan tulisan kejutan itu. Dan begitu pelajaran dimulai, ditengah2nya aku dan kamu selaku ketua kelas dan wakilnya akan meminta ijin kepada guru yang mengajar agar memberikan waktunya untuk memberikan ucapan ulang tahun dan perayaan kecil – kecilan kepada teman kita yang beruntung itu.

Atau masih ingat jugakah engkau kawan, saat kita berdua ditunjuk oleh guru Agama, untuk mempraktekkan sholat fardhu berjamaah ? Saat itu aku sebagai imam membaca doa iftitah kabiroo walhamdulillaahi katsiro dst, sementara kamu membaca Allohumma bait baini dst, hahaha… Perbedaan yang indah bukan ?

Dan aku tentu tidak akan pernah melupakan tentang rumahmu yang menjadi rumah paling diidamkan oleh semua teman sekelas kita sebagai rumah tempat beristirahat saat jam istirahat datang. Letaknya yang tidak jauh dari sekolahan, dan bentuk serta suasananya yang nyaman, membuat anak – anak betah di rumahmu. Apalagi saat musim semangka tiba, banyak semangka – semangka hasil panenan lahan pertanianmu, yang tidak layak jual tapi masih bagus kondisinya, yang akhirnya menjadi mangsa anak – anak. Hehe…

Dan mari kita kembalikan ingatan kita ke saat – saat kita saling bertukar buku bacaan, sama – sama suka pinjam buku di taman bacaan ” Anggur Biru” dan buku yang paling sering kita pinjam pun sama : Kisah Wiro Sableng karya Bastian Tito. Untung kita segera menyadari bahwa ternyata Lucky Luke dan Asterik, atau setidaknya Asmaraman Kho ping Ho, lebih layak untuk kita konsumsi dibanding Wiro Sableng.

Dan masih lekat dalam ingatan kita saat pengumuman kelulusan SD saat dirimu mendapatkan peringkat pertama, aku mungkin di peringkat ke tiga, karena ada Bayu Wijayanti diantara kita. Ah, dimana sekarang si Bayu itu ya ? hahaha..

Ah sobat, tak terasa waktu cepat sekali berlalu. Aku lupa, tapi mungkin terakhir aku bertemu denganmu adalah saat aku minta bantuanmu untuk mengatasi gagap kerjaku, saat menghadapi masa- masa pertama kerja di kantoran. Waktu itu kamu mengenalkanku dasar – dasar Excel dan Word. Dan kini kamu sudah nyaman di British American Tobacco sedangkan aku cukup jadi abdi negara.

Tapi percayalah sobat, aku masih tetap tidak pernah keberatan untuk menyisakan satu strip memori untuk menyimpan tanggal lahirmu, 14 Desember ini. Selamat ulang tahun , sobat.

Leave a Reply

