Jamaah

Imam bisa mengganggu proses sholat berjamaah saat dia lupa atas ayat selanjutnya yang harus dibaca, bacaannya jauh dari kaidah tajwid, atau mungkin juga karena lupa rekaat.

Ternyata, makmum pun juga bisa melakukan “penggangguan” sholat berjamaah. Makmum satu ini kadang gerakannya membarengi gerakan imam, bahkan karena imamnya sudah tua atau berlatar budaya halus, sering terjadi si makmum justru mendahului gerakan imamnya.

Tidak cuma itu, si makmum juga kadang sedikit membaca keras bacaan – bacaan yang seharusnya tidak dikeraskan. Mengingat ini terjadi di sholat Dhuhur dan Ashar, dan statusnya sebagai makmum, sehingga menjadi hal aneh jika kemudian suara si makmum menjadi lebih keras dari pak imam.

Demi tertibnya jamaah, pak imam sebagai pimpinan kemudian menyentil secara halus si makmum dengan cara pak imam mengeraskan bacaan takbirnya dua atu tiga atau bahkan enambelas kali lebih keras dari biasanya.

Sikap yang terbaik adalah pengerasan bacaan oleh pak imam tadi seharusnya jangan dianggap marah oleh si makmum.

Atau sikap kedua terbaik, kalaupun pak imamnya marah, seharusnya hal itu tetap dijadikan pengoreksi diri dari si makmum.

Atau sikap ketiga agak baik, makmum akan bertanya – tanya ada apa dengan pak imam ?

Atau sikap keempat yang tidak baik, si makmum akan menggerutu, bersakit hati, dan menyalah-nyalahkan sang imam tanpa mencari penyebab marahnya pak imam.

Atau sikap kelima terburuk adalah si makmum akan berhenti berjamaah dan meninggalkan imamnya.

Dan jika saya kebetulan pas jadi imamnya, saya berharap sikap pertama yang akan diambil oleh si makmum.

Oh ya lupa, sebenarnya diantara sikap ketiga dan keempat itu ada sikap ke-tiga setengah, yaitu jika si makmum langsung pingsan karena kaget mendengar suara super kerasnya pak imam. Jelas kalau pingsan, tidak sadar, segala macam hukum fardhu yang Alloh tetapkan akan mendapatkan status dima’fu

*) mohon maaf, photo diambil dari salah satu blog lain hasil searching dengan google, dan belum dimintakan persetujuan si pemilik photo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s