bridge

Hubungan antara menantu dan mertua sepertinya akan selalu menjadi kisah klasik takberkesudahan. Dari kisah hubungan indah antara Rasululloh dengan Sayyidina Ali Karromallohu wajha hingga kisah kecewanya Prabu Salya terhadap Duryudana. Dari cerita Ratu Elisabeth dengan Lady Diana, hingga cerita picisan sinetron mertua kaya bermenantu orang miskin.

Seperti halnya saat sang menantu memilih suami/istri ( anak mertua ), tentu perlu waktu bagi kedua belah pihak untuk mempertemukan dua pribadi yang berbeda, menyelaraskan ritme, hingga terbentuk suatu kesepahaman bersama. Dalam hal hubungan istri dan ibu, saya menjadi pihak yang mengenalkan, mempertemukan dan  menyelaraskan keduanya. Menjadi jembatan antara dua pangkal yang tadinya berdiri sama kukuh.

Beruntung saya karena mendapatkan istri dan ibu di warna yang hampir mirip, semacam merah dan pink, hijau dan hijau muda, atau ungu dengan biru. Istri dan ibu adalah jenis kutub magnet yang berbeda ( ingat, kutub magnet yang sama menurut hukum fisika akan saling tolak menolak, sedangkan kutub magnet yang sama justru akan saling tarik menarik mendekat ). Jadi, saya cukup menjadi jembatan penerjemah pribadi istri kepada ibu, dan pribadi ibu kepada istri.

Contoh kecil, ibu adalah orang Jawa asli yang dalam setiap masakannya selalu menyertakan unsur rasa manis. Saya yang sudah terbiasa sedari kecil merasakan lezat masakannya tentu tidak mempunyai masalah terhadap hal itu. Sedangkan istri yang sudah sedari kecil terbiasa citarasa tanpa rasa manis, lebih menyukai rasa gurih, tentu harus beradaptasi dengan cita rasa masakan. Dengan sedikit pengantar dan penjelasan ke ibu, serta pengertian ke istri, keduanya bisa dipertemukan dengan indah. Saat saya dan istri pulang ke Magelang, ibu dengan senang hati membuatkan masakan tanpa rasa manis, atau tetap manis tapi dengan kadar yang berkurang.

Contoh lain,  istri yang besar di lingkungan Jakarta, saat diajak pulang ke Magelang, tentu ingin sekali mengenal lebih jauh suasana Magelang sekitarnya, dari mulai tempat wisata alamnya, wisata budayanya, hingga wisata kulinernya. Jadi, saat pulang kampung yang hanya paling lama seminggu dalam setahun itu, istri ingin memanfaatkan waktu yang sangat sedikit itu untuk mengetahui semua tentang Magelang

Di sisi lain, orang tua saya, jelas sangat kangen terhadap anaknya yang hanya bisa ditemui langsung selama 7 hari dalam setahun. Tentu orang tua mempunyai harapan dan keinginan untuk lebih banyak bertatap muka melepas kangen serta berbagi cerita dan pengalaman. Anak yang dibesarkannya bertahun – tahun dengan susah payah, yang kini hanya bisa ditemuinya 7 hari dari 365 hari, ah..ingin sekali orang tua ikut merasakan kebahagiaaan, cerita, berbagi rasa, dan kebanggaan yang telah dicapai anak – anaknya.

So, peran saya di masalah ini adalah sebagai jembatan yang menyetujui keinginan istri untuk jalan – jalan seputar Magelang  tapi cukup dua atau tiga hari dari satu minggu itu. Sisanya, waktu kami habiskan di rumah untuk memberi kesempatan orang tua membuatkan masakan kesukaan kami, mencurahkan kembali kasih sayangnya, dan kami imbangi dengan berbagi cerita dan pengalaman. Hasilnya ? Alhamdulillah sejauh ini baik – baik saja. Istri sangat memahami keinginan orang tua saya, sebaliknya orang tua pun mau memaklumi keinginan istri.

Tentang unggah ungguh tradisi kesopanan Jawa, serta sejumlah gegar budaya antara dua individu itu  satu demi satu saya COBA pertemukan dengan indah, dengan saya berperan sebagai jembatan disitu. Dan, buah akhir paling indah yang dirasakan oleh saya sebagai jembatan adalah, bahwa saya merasa beruntung memiliki keduanya, ibu dan istri.

Home Sweet Home

rumah magelang

2 thoughts on “bridge

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s