I Want to Travel more !!!!

Beberapa tawaran untuk kembali melakukan perjalanan dan berinteraksi dengan alam kembali saya terima akhir – akhir ini. Dan ini jelas menggoda hati, karena sudah dua tahun lebih saya tidak melakukannya.

Ternyata memang berbeda kondisi saat saya masih membujang dengan kondisi sekarang yang sudah berkeluarga dan hampir punya dua anak. Kalo dulu begitu ada tawaran, saya tinggal langsung berangkat saja, sedangkan sekarang saya setidaknya harus menyesuaikan dulu dengan jadwal kegiatan keluarga, kepentingan istri, kepentingan anak, dan seterusnya dan seterusnya.

Ada beberapa hal lain yang memberatkan saya untuk melakukan kegiatan naik gunung atau melakukan perjalanan lagi.

Pertama, percayalah, jika anda sudah berkeluarga, tantangan terberat melakukan perjalanan bukan pada terjal dan mendakinya jalan yang dilalui, bukan pada panas terik dan kurangnya persediaan air, bukan pada sengatan dingin dan guyuran hujan yang membekukan, bukan pada berat beban dan badai yang menghantam, tetapi yang lebih berat dari semua itu adalah : rasa rindu mengharu biru pada keluarga.

Kedua, dana. Alhamdulillah saya dan keluarga bukan termasuk orang yang hidup kekurangan. Tetapi seperti ada rasa bersalah jika saya melakukan perjalanan dengan menyedot budget yang lumayan, dan disaat yang sama, ada beberapa alokasi lain yang bersifat lebih wajib didahulukan ditinjau dari aturan agama, yang ternyata belum bisa saya tunaikan. Setidaknya membayar hutang, bersedekah, berbagi harta, dan naik haji jelas lebih wajib hukumnya. Jalan tengahnya, saya membuat alokasi pembayaran hutang dan berbagi harta, juga alokasi dana naik haji, dari penghasilan rutin saya dan istri. Sedangkan untuk dana melakukan perjalanan, saya mengalokasikannya dari penghasilan lain berupa sisa biaya perjalanan dinas.

Ketiga, ini yang susah. Berat badan saya kini 8 kilo lebih berat dari saat pendakian terakhir (2006). Itu artinya, jika harus naik gunung lagi, saya harus bekerja ekstra keras untuk melatih kekuatan fisik dan tentunya melatih kekuatan kaki yang harus membawa beban 8 kilo ( 5 kilo diantaranya di perut ha ha ha ha ) lebih berat.

Jadi, untuk pihak – pihak yang pernah menawarkan untuk ikut ke Kerinci ( Sumatra, 3805 mdpl ), Kinabalu ( Kalimantan, 4095 mdpl ), atau Rinjani lagi ( Lombok, 3726 mdpl ), saya mohon maaf karena saya perlu waktu untuk melakukan persiapan.

2 thoughts on “I Want to Travel more !!!!

Leave a Reply

