Pep

Itu nama panggilan seseorang yang mampu memberikan magnet untuk menarik perhatian orang terhadap apa yang sudah dilakukannya. Pep Guardiola nama lengkapnya.

Sejak mengenal dan menggilai sepak bola, saya hanya menyukai Liverpool di Inggris, Lazio di Itali, dan Real Madrid di Spanyol. Terutama untuk pool, saya sering bela-belain nonton pertandingannya dini hari, dan mengoleksi berbagai pernak-pernik uniknya. Tapi Barcelona ? Saya amat sangat tidak tertarik untuk menyukainya.

Pertama, karena barca adalah musuh utama Madrid. Kedua, pemain-pemain pilihannya kok ya ndilalah adalah pemain  yang karakternya tidak saya sukai. Ketiga, karena ona sutra punya lagu yang judulnya Barcelona !!!

Tapi seorang Pep Guardiola mampu mengubah itu. Sejak menduduki jabatan sebagai pelatih/manajer Barcelona awal musim 2008/2009 ini, Pep mampu menghadirkan tontonan indah, atraktif, menarik, dan menyerang buat anak – anak asuhnya, hingga pertandingan Barcelona selalu menghasilkan banyak gol dan tidak membosankan. Di lapangan, tangguhnya Carlos Puyol, keseimbangan Xavi Hernandes, liukan Lionel Messy, dan ketajaman Samuel Eto’o, menggambarkan apa yang ada di benak Pep.

Tapi satu hal lagi yang membuat saya semakin menyukai Pep dan Barcelona. Satu hal yang sangat sederhana, yaitu komentar Pep yang mendukung aksi Frederik Kanoute yang merayakan aksi golnya dengan menunjukkan kaos yang bertuliskan dukungan terhadap Palestina. Pep juga bilang, Kanoute tidak layak mendapat sanksi atas aksinya itu, karena perang memang harus segera dihentikan.

Sederhana buat kita, tapi tidak buat Pep. Karena sebelum memberikan komentar, dia sedang berada di posisi yang famous, terkenal, dipuji-puji, ditingggi-tinggikan, dan banyak menuai simpati. Perlu keberanian bagi seorang Pep ( dan Kanoute ) untuk melakukan itu, dengan resiko berkurangnya simpati untuknya. Karena semua tahu Amerika dan Eropa mampu menguasai media dan mampu membolak-balikkan fakta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s