Banyak Angkrem

Ini bukan tempat wisata. Saya pertama kali kesini waktu masih SD, dan bersama teman – teman seusia tiba – tiba punya ide untuk mendaki pegunungan ini. Orang lama daerah Menoreh, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang menyebutnya begitu. Sebuah daerah bagian dari barisan pegunungan kidul yang membentang sepanjang Jawa Tengah bagian selatan. Sebutan lainnya adalah gunung kêndhêng.

pegunungan-selatan1

Setiap pulang kampung ke Magelang, istri saya sering meminta buat diantar menikmati suasana di pegunungan ini. Cukup berkendara dengan motor, kami bisa mencapainya hanya dalam waktu 20 menitan saja.

Motor yang dipakai memang sebaiknya motor yang mampu mengatasi tanjakan tajam, karena jalan menuju puncak bukit ini memang lumayan mendaki dan membutuhkan ketenangan si pengendaranya. Maklum lokasinya masih sangat bernuansa pedesaan dan belum banyak tersentuh pembangunan, sehingga pengamanan sisi kiri dan kanan jalur jalan naiknya belum ada.

Sepanjang perjalanan kami disuguhi oleh pemandangan khas tradisional pedesaan dan udara yang nyaman. Kalo kita sedang beruntung, di puncaknya kita bisa melihat pemandangan gagah Gunung Sumbing, Merapi, dan Merbau, dan Bukit Tidar. Nyamannya lagi, sampai di puncak, kita bisa memenuhi semua isi paru-paru kita dengan udara yang amat sangat fresh, segar, tanpa takut tercemari polusi udara sedikitpun, karena disekelilingnya hanya dilingkupi oleh pohon cemara dan karet. Untuk mencapai puncak sebenarnya dari banyak angkrem yang terbentuk atas bebatuan, kita harus berjalan beberapa ratus meter, karena hanya tersedia jalan setapak.

Begitu kita membalikkan badan ke arah selatan, kita akan mendapatkan sajian panorama wilayah kabupaten Purworejo dengan latar belakang biru laut selatan di kejauhan.

Masih sekomplek dengan puncak banyak angkrem ini, jika kita mengambil jalan arah kiri menuju desa cono, kita bisa menemukan tambang marmer. Beda dengan lokasi tadi, disini oksigen fresh lebih banyak dihasilkan oleh pohon – pohon bambu. Ahhhh…

2 thoughts on “Banyak Angkrem

  1. ho oh… moga tetep terjaga…
    terutama suasana alam dan masyarakatnya
    (pernah terpikir, kalo punya dana besar, pengen bikin perpustakaan gratis buat warga sekitar di lereng pegunungan ini )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s